Chess aka Catur

gambar minjem dari kaskus.co.id

gambar minjem dari kaskus.co.id

Hohoho …. akhir akhir ini saya lagi keranjingan permainan yang satu ini. Walau banyak kalahnya siii …. hihihi …
Eh tapi buat emak emak amatiran yang mainnya sambil diganggu Daffa kayaknya rekor 13 menang dan 9 kalah ga terlalu malu maluin deh … ya kan .. hahaaaaa… D
Kayaknya hampir semua orang didunia kenal sama permainan yang satu ini walau mungkin ga semua orang suka. Saya sendiri kenal main ini sejak SD kelas 1, dikenalin papa. Cuman dari dulu sampai sekarang tetep aja mainnya ga serius, ga pernah fokus, makanya banyakan kalahnya .. hahaaaa … :D
Terakhir saya main catur ini kayaknya dulu jaman kuliah belasan tahun lalu. Baru akhir akhir ini aja saya keranjingan main lagi gara gara kangen papa. Dikantor lagi agak ‘bikin sesek’ , bukan karena kerjaanya siii, karena saya suka kerjaan saya, cuman lagi pengen aja nglelariin sejenak otak saya dari kantor, hihihi. Trus saya juga kangen papa, kangen maen bareng papa, kangen masa kecil pas otak saya cuman diisi dengan sekolah plus ngisengin ortu, hahaaa..Eh lha koq temen saya ada yang maniak catur sampe ngaku ngaku master SEAGAMES, ya jadilah saya ikutan caturan lagi, setelah sekian tahun ga pernah nyentuh papan hitam putih 64 kotak ini. Aslinya saya maen kan cuman sekenanya aja, eh tau tau si temen ini nantangin, masa saya tolak, mau taruh mana ini muka, hahaaa. Jujur saya akui memang dia jago mainnya, tapi kalo saya kalah dengan gampang kan malu maluin banget bookk, makanya saya jadi sering main biar kalo pas lawan dia ga segitu gampangnya rajaku disekak, hahaaa… :D
Dulu, kalo saya kalah biasanya papa trus beliin es krim biar saya ga sedih, hahaaa …
Kalo sama temen ini, pas saya kalah malah diejekin, huhuhu …. jahat yaaaa diaaaa … hahaaaaa .. :D
Etapi biar sering kalah koq saya tetep suka main siiii ???
Iyalah suka, selain karena

  1. Maen catur ngingetin masa kecil (saya masih inget lho pertama maen di samping jendela, papa pake kaos putih, caturnya dialasin kursi, soalnya mejanya besar, jadi biar pas dengan saya pake kursi deh… )
  2. Catur juga bikin otak bekerja, seperti
  • melatih daya ingat (ini penting buat saya yang pelupa),
  • melatih konsentrasi (ini juga sangat penting karena saya jarang bisa konsentrasi ke satu hal aja, seringnya pikiran nyabang kemana mana, ya iyalah namanya juga emak emak bekerja, otaknya pasti dibagi bagi kemana mana, kadang lagi rapat dikantor, eh otaknya mikir ini Daffa udah makan belum, Khaila di sekolah lagi ngapain dsb .. hahaaaa… nah melalui catur ini saya belajar untuk lebih berkonsentrasi),
  • melatih fokus (sama alesannya kayak konsentrasi tadi)
  • melatih kesabaran (kebayang ga siiii, kitanya semangat maen sementara lawan jalannya bak siput hamil tua, masih untung kalo maennya online yang bisa diatur time limitnya, lha kalo maennya secara konvensional tanpa batas waktu piye coba ? ini yang temen saya sering keluhkan ke saya, katanya saya tuh jalannya lambretta tiada tara, hahaaaa … ya maaf pak kan akika kudu mikir dulu … )
  • meningkatkan kemampuan analisa (cieeee bahasanya sok ilmiah banget yaakkk … padahal maksudnya cuma mau bilang dengan catur kita jadi bisa mengira ngira dan maen strategi .. dan ini berguna banget lhooo)
  • melatih bertanggung jawab (ini yang saya suka, karena dengan catur kan ga bisa di undo, meski setelah melangkah trus kita baru nyadar kalo udah salah jalan, kan tetep wae ga boleh undo kaannn … kecuali kalo mau parecu, hihihi…. dan kalo terbiasa belajar bertanggung jawab, kayaknya itu berguna banget to be a better one, at least buat saya )
  • melatih intuisi dan kepekaan (pas saya maen online lawan orang Serbia, dia ngajarin saya untuk selalu ambil kesempatan setiap kali tiba, nah disitulah intuisi dan kepekaan kita ‘bermain’ ya gak siii, soalnya kadang kayak langkah musuh mah biasa aja, tapi kalo kita jeli dan punya intuisi, bisa jadi justru itu kesempatan kita buat nyerang.. )

Oya, karena saya maennya online, buat saya selain diatas itu caturan juga bikin saya nambah temen lho. Beberapa hari maen pake aplikasi chess online sama chess live saya udah nemu kenalan dari Turki, Serbia, Rusia, Papua sama Swedia. Bahkan ada yang terus what’s app-an sampe sekarang. Dan ngobrolnya udah ga cuma tentang chess aja lhoo, udah ngobrolin tentang anak, makanan sampe karpet segala. Moga aja berawal dari chess bisa dapet kiriman gratis coklat Sweden atau karpet Turki, hihihihi ….. :D

Itu aja sii yang saya dapat dari beberapa hari maen catur, manfaat lainnya kayaknya bisa di googling, yang pasti maen ini banyak banget manfaatnya. Asal ga lupa waktu aja, soalnya ada lhoo yang sampe lupa segala gala gara gara keranjingan catur, hahaaa …
Lha catur memang mengasyikkan koq , bener bener bikin lupa sama keruwetan kantor, dan bikin kangen saya sama papa terobati. Padahal papa saya masih ada lho, cuman papa sekarang amat sangat sibuk sekali, padahal saya ketemu papa cuma pas mudik aja ga bisa ketemu saban hari, eh apa saya salah milih hari mudik yaaakkk …..  lha piye wong saya ada waktunya sabtu minggu / hari libur, nah si papa malah puncaknya sibuk justru tiap hari libur, ga bakal matching dong ….. hahaaaa ….
Kalo kamu gimana, suka catur juga ga ??

 

Leave a Reply

Proudly powered by WordPress
Theme: Esquire by Matthew Buchanan.